4 Sikap Pemerintah Indonesia terhadap Konflik Rusia dan Ukraina

Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah. (Foto: viva)

atberita – Merespons konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI menyampaikan empat sikap Pemerintah Indonesia.

“Pertama, (Indonesia) prihatin atas eskalasi konflik bersenjata di wilayah Ukraina yang sangat membahayakan keselamatan rakyat serta berdampak bagi perdamaian di kawasan,” sebut Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah dalam pengarahan pers di Jakarta, seperti dikutip dari Antara Kamis.

Read More

“Indonesia dalam berbagai kesempatan menekankan penghormatan wilayah integral suatu negara dan penerapan hukum internasional. Bagaimana kita memaknai suatu wilayah karena ini merupakan prinsip kehormatan kedaulatan suatu wilayah,” tambah Jubir Kemenlu.

Baca juga: https://www.atberita.com/invasi-rusia-ke-ukraina-bikin-rupiah-terdepresiasi/

Kemenlu menegaskan bahwa Indonesia tidak berhenti berupaya untuk memberikan keyakinan bahwa perdamaian adalah hal yang terbaik.

“Ketiga, menegaskan kembali agar semua pihak tetap mengedepankan perundingan dan diplomasi untuk menghentikan konflik dan mengutamakan penyelesaian damai,” kata Kemenlu.

Terakhir, Kemenlu menjelaskan Kedutaan Besar RI telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelamatkan WNI di Ukraina sesuai rencana kontingensi yang telah disiapkan.***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.